Teradata Megah Corporation

News

Bank Utomo Resmi Luncurkan Mobile Banking

Visits: 10

Saat ini populasi terbesar di Indonesia didominasi oleh generasi muda yang lahir ketika teknologi digital sudah menjadi bagian dari keseharian dan membuat masyarakat untuk menjadi lebih dinamis dan praktis dalam kegiatannya yang tidak lepas dari smartphone. Dengan perubahan perilaku masyarakat ini mendorong penyesuaian di berbagai aspek, salah satunya di sisi perbankan untuk menghadirkan produk digital yang tidak hanya aman, tetapi juga intuitif dan mudah diakses.

Pemahaman ini mendorong bank untuk merancang layanan berbasis aplikasi mobile, internet banking, hingga integrasi dengan ekosistem pembayaran digital. Begitu juga dengan Bank Utomo yang berkomitmen dalam memberikan layanan perbankan yang inovatif, cepat serta aman bagi seluruh nasabah, di tanggal 1 Agustus 2025 Bank Utomo secara resmi meluncurkan layanan mobile banking sebagai bagian dari transformasi digital yang sepenuhnya dikembangkan oleh PT. Teradata Megah.
Setelah melalui proses perancangan, tahapan testing aplikasi mobile yang ketat dengan melibatkan pihak ketiga untuk melakukan peneteration test, serta proses pemenuhan kelengkapan perijinan yang cukup memakan waktu, aplikasi mobile banking Bank Utomo berhasil diimplementasi dan dapat diunduh oleh semua nasabah Bank Utomo melalui Play Store dan App Store. Peluncuran Aplikasi Mobile Banking ini, kembali menegaskan peran Bank Utomo dalam mendukung peningkatan inklusi keuangan sekaligus menjawab kebutuhan masyarakat akan layanan perbankan yang dapat diakses dengan mudah kapan saja dan dimana saja. Serta menunjukkan keseriusan dari jajaran direksi serta seluruh staff Bank Utomo untuk semakin terdepan dalam menyiapkan solusi terbaik di era digital ini bagi masyarakat perbankan umumnya dan propinsi Lampung khususnya.

Gambar 1. Tampilan Utomo Mobile Banking

Fitur yang ada pada mobile banking Bank Utomo diantaranya
  1. Inquiry
  2. Nasabah dapat melihat saldo tabungan, jadwal bunga deposito, mutasi kredit, Jadwal tagihan, mutasi tabungan dan history transaksi
  1. Transfer
  2. Nasabah dapat melakukan transfer antar rekening Bank Utomo, transfer antar bank, transfer melalui SKN, RTGS dan BI- Snap
  1. Pembelian
  2. Nasabah dapat melakukan pembelian pulsa, paket data, token PLN serta voucher game
  1. Top up
  2. Nasabah dapat melakukan top up e-Wallet dengan mudah.
  1. Pembayaran
  2. Selain pembelian dan top up, nasabah bank Utomo dapat melakukan pembayaran beberapa platform seperti pulsa pasca bayar, Telkom group, BPJS Kesehatan, PDAM, PLN Pasca bayar dan PLN Non Taglis, TV kabel, Pajak, Pajak kendaraan, Multifinance.
  1. Cardless
  2. Dengan fitur ini nasabah dapat melakukan transaksi penarikan dan setoran tunai tanpa harus mengisi slip tarikan dan setoran di Bank, sehingga mempercepat nasabah saat datang ke Bank.
Sejak tahun 2020 PT. Teradata Megah menjadi partner solusi teknologi perbankan untuk Bank Utomo, tidak hanya pada core banking system namun beberapa aplikasi channel telah dikembangkan secara bersama-sama dengan Bank Utomo diantaranya API Incomming yang merupakan Application Programming Interface, dimana satu aplikasi dapat berkomunikasi dengan aplikasi lain. Dengan API Incomming ini seluruh nasabah Bank Utomo dapat melakukan setoran dana kapan pun dan dimana pun ke rekening virtual account Bank Utomo pada Bank BRI, Bank Danamon dan Bank Permata.

Selain API Incomming, PT. Teradata Megah telah mengembangkan API Otugoing, dimana seluruh nasabah bank Utomo dapat melakukan transaksi transfer ke seluruh Bank yang ada di Indonesia, Bank Utomo bekerjasama dengan Bank Permata untuk API Outgoing ini. Terdapat pula aplikasi FDS (Fraud Detection System) untuk mendeteksi transaksi yang dianggap mencurigakan.