Teradata Megah Corporation

News

Implementasi Modul Digital Subaccount Management BPR Kertiawan

Visits: 3

Mengawali tahun 2025 dengan gebrakan inovatif, BPR Kertiawan resmi menggandeng PT. Teradata Megah sebagai mitra strategis di bidang IT dalam implementasi sistem core banking terbaru. Kolaborasi ini menjadi bagian penting dari komitmen BPR Kertiawan untuk mempercepat transformasi digital dalam rangka menjawab kebutuhan masyarakat yang semakin dinamis terhadap layanan perbankan yang cepat, aman, dan mudah diakses.

Pergantian sistem core banking yang dilakukan di awal tahun ini membawa perubahan signifikan dalam operasional dan pelayanan bank. Dengan dukungan teknologi terkini dari PT. Teradata Megah, BPR Kertiawan kini melangkah lebih jauh dalam mendigitalisasi layanan perbankannya.

Salah satu inovasi unggulan hasil kerja sama ini adalah pengembangan aplikasi digital Subaccount Management (DSM), yang secara resmi diluncurkan pada pertengahan tahun 2025. Aplikasi ini dirancang berbasis web, sehingga mudah diakses oleh nasabah melalui berbagai jenis browser, tanpa perlu mengunduh aplikasi tambahan.

Kemudahan Pengelolaan Rekening secara lebih Flexible dan Terstuktur dalam aplikasi DSM

Gambar 1. Alur Kegiatan Digital Subaccount Management

Aplikasi DSM menawarkan dalam kemudahan pengelolaan rekening secara lebih fleksibel dan terstruktur. Nasabah dapat memiliki satu rekening induk yang terdiri dari beberapa sub rekening dan masing-masing dari sub rekening tersebut memiliki saldo serta rincian transaksi tersendiri yang terpisah dari rekening induknya.

Manfaat yang diterima oleh Bank dengan penerapan modul DSM :

Setiap transaksi yang masuk ke virtual account langsung tercatat secara terpisah, memudahkan proses rekonsiliasi keuangan tanpa pencocokan manual.

Bank tidak perlu lagi membuat banyak rekening fisik untuk satu nasabah dengan banyak kebutuhan keuangan

Banyak akun virtual dapat dibuat di bawah satu akun utama untuk memisahkan dana untuk tujuan tertentu, seperti penganggaran departemen, akun berbasis proyek, atau transaksi individu.

Semua akun virtual dapat dikelola dari satu platform pusat, di mana pengguna dapat melihat dan melacak aktivitas di semua akun virtual yang terhubung dengan akun utama mereka.

Menjadi pembeda dalam pasar layanan perbankan digital khususnya pada segmen bisnis dan institusi, sehingga pemetaan transaksi yang lebih granular, bank bisa menawarkan produk keuangan yang lebih tepat sasaran 

Seluruh transaksi yang dilakukan oleh subaccount dapat ditelusuri dan dapat mencegah penyalahgunaan rekening karena adanya sistem pengawasan internal yang kuat untuk setiap aliran dana tersegmentasi.

BPR Kertiawan yang berkomitmen untuk terus berinovasi dalam meningkatkan layanan terbaik kepada nasabahnya. Dengan peluncuran aplikasi DSM ini BPR Kertiawan menegaskan posisinya sebagai lembaga keuangan yang adaptif terhadap perkembangan zaman dan terus mendorong digitalisasi demi mendukung inklusi keuangan yang lebih luas di Indonesia.