Teradata Megah Corporation

News

Migrasi Sistem Core Banking BPR Pijer Podi Kekelengen Perkuat Fondasi Digital

Visits: 26

BPR Pijer Podi Kekelengen terus menunjukkan komitmennya dalam memperkuat sistem layanan perbankan dengan memulai proses migrasi core banking system (CBS) ke platform yang lebih modern dan terintegrasi. Proyek ini diawali melalui serangkaian pertemuan antara manajemen BPR Pijer Podi Kekelengen dengan manajemen PT. Teradata Megah.

Pertemuan awal antara kedua belah pihak dilaksanakan secara daring melalui Zoom meeting, di mana pada pertemuan awal ini pihak Teradata mempresrntasikan aplikasi Teradata core banking system (CBS).  Selanjutnya, pada tanggal 24 Oktober 2024, Direktur Utama BPR Pijer Podi, Bapak Bumaman Teodeki Tarigan, bersama Bapak Tenny Prananta Sitepu dan Bapak Perdinan Octavianus, melakukan kunjungan langsung ke kantor PT. Teradata Megah.
Dalam kunjungan tersebut, manajemen BPR Pijer Podi meninjau langsung data center yang berlokasi di kantor PT. Teradata Megah dan Teradata mendemokan secara langsung core banking  system  oleh Ibu Nurul Aini selaku Kepala Divisi Business Operational Support. Pada kunjungan ini BPR Pijer Podi berkesempatan mencoba beberapa aplikasi berbasis channel yang telah dikembangkan oleh Teradata, seperti Banking Mobile Services (BMS), Mobile Banking dan Smart EDC. Setelah kunjungan tersebut, BPR Pijer Podi Kekelengen tidak memerlukan waktu lama dalam memutuskan untuk menggunakan solusi Perbankan Teradata.

Gambar 1. Tim Migrasi BPR Pijer Podi Kekelengen

Kedua belah pihak segera membentuk tim implementasi baik dari BPR Pijer Podi Kekelengen maupun dari PT. Teradata Megah dan membuat jadwal persiapan implementasi. Tahapan proses migrasi dapat dilihat pada gambar2 dibawah.

Gambar 2. Timeline Proses Migrasi BPR Pijer Podi Kekelengen

Proses migrasi sistem core banking dirancang secara detil, terstruktur, dan penuh kehati-hatian, dengan tujuan untuk mengantisipasi berbagai tantangan teknis yang mungkin muncul selama masa transisi. Seluruh proses dilakukan dengan pendekatan kolaboratif antara tim teknis kedua belah pihak, guna memastikan tidak ada gangguan signifikan terhadap operasional dan layanan kepada nasabah.

Melalui sistem baru ini, BPR Pijer Podi Kekelengan berharap dapat menghadirkan layanan yang lebih responsif, transparan, serta mampu mengikuti perkembangan kebutuhan nasabah dan dinamika industri keuangan di era digital.

Gambar 3. Kegiatan Training Core banking untuk BPR Pijer Podi Kekelengen

Gambar 4. Kegiatan Migrasi BPR Pijer Podi Kekelengen