Teradata Megah Corporation

News

Utomo Bank Sumatera Selatan Go-Live Core Banking Sistem Teradata

Visits: 24

BPR Utomo Manunggal Sejahtera, yang dikenal dengan nama Utomo Bank, merupakan salah satu Bank Perkreditan Rakyat (BPR) terbesar di Indonesia dan dikenal dengan kinerja keuangan yang solid. Utomo Bank menempati posisi strategis dalam industri BPR nasional dan menjadi salah satu pemain utama dalam mendukung sektor usaha mikro dan menengah (UMKM) di Indonesia. Utomo Bank memiliki dua entitas yang terpisah : satu berlokasi di Lampung dan satu lagi berlokasi di Sumatera Selatan.

Tahun 2020 Utomo Bank-Lampung menunjuk PT. Teradata Megah sebagai penyedia layanan core banking system (CBS)

Layanan yang telah dikembangkan oleh PT. Teradata Megah untuk Utomo Bank-Lampung :

  • Pelaporan SLIK, APOLO, PPATK dan Tingkat Kesehatan Bank (TKS)
  • SAK-EP dan CKPN
  • VA Incoming dan VA Incoming BI Snap
  • Payment Transaction
  • Fraud Detection System (FDS)
  • Penggunaan Biometric pada otorisasi transaksi
  • Mobile Banking

Penggunaan layanan PT. Teradata Megah telah terbukti memberikan kemudahan dalam pengelolaan operasional dan membawa efisiensi dan kecepatan dalam proses transaksi, serta peningkatan kualitas layanan terhadap nasabah, baik melalui kanal fisik maupun digital pada Utomo Bank Lampung.

Melihat dampak positif tersebut, Utomo Bank Sumatera Selatan turut mengambil langkah strategis dengan melakukan pergantian sistem core banking sebagai bagian dari upaya peningkatan layanan operasional yang modern, cepat, dan aman. Sistem baru ini dirancang untuk menyelaraskan teknologi dan standar layanan dengan kantor pusat di Lampung, serta mendukung akselerasi digitalisasi layanan di wilayah Sumatera Selatan.
Gambar 1. Milestone kegiatan migrasi Utomo Bank-Sumsel

Tanggal 01 Juni 2024, manajemen Utomo Bank-Sumsel berkunjung ke kantor PT. Teradata Megah untuk melihat langsung aplikasi core banking dan data center. Tidak lama berselang dari kunjungan tersebut, jadwal migrasi telah ditetapkan dan mulai melaksanakan tahapan-tahapan yang harus dilakukan pada kegiatan migrasi.

Tahapan pelaksanaan migrasi Utomo Bank–Sumsel dapat dilihat pada gambar 1 di samping. Pelaksanaan migrasi ini dilakukan seluruhnya di kantor pusat Utomo Bank-Sumsel yang berlokasi di Baturaja, Sumatera Selatan bersama-sama dengan tim Teradata dan didampingi oleh tim Utomo Bank-Lampung (dapat dilihat pada gambar 2 dibawah).

Gambar 2. Kegiatan Migrasi Utomo Bank-Sumsel dan Teradata Megah

Implementasi core banking system yang baru diharapkan mampu meningkatkan efisiensi operasional, integrasi data yang lebih baik antar unit kerja, serta mendukung pengembangan layanan digital seperti mobile banking, internet banking, dan produk keuangan berbasis teknologi lainnya.

Dengan keselarasan sistem antara unit Lampung dan Sumatera Selatan, Utomo Bank optimistis dapat terus tumbuh sebagai salah satu Bank Perkreditan Rakyat (BPR) terdepan dalam penyediaan layanan keuangan inklusif dan berbasis teknologi di Indonesia.

Gambar 3. Kegiatan Training Core banking untuk Utomo Bank-Sumsel