Teradata Megah Corporation

News

Solusi Teradata Megah Diterapkan di BPR Gamon

Visits: 240

Di pertengahan tahun 2022, Teradata Megah memperkenalkan Aplikasi Perbankan Teradata Generasi Ke IV kepada BPR Pantura, setelah perkenalan pertama BPR Pantura yang merupakan member of Hagalink mengajak Teradata Megah untuk mendemokan Aplikasi tersebut kepada seluruh member of Hagalink. Setelah pertemuan kedua tersebut dilaksanakan, member of hagalink yang terdiri dari 3 BPR yaitu BPR Gamon, BPR Pantura Abadi dan BPR Gitamakmur Utama sepakat untuk memilih solusi Teradata Megah dalam mendukung operasional perbankannya.

Member of Hagalink terdiri dari
BPR Gamon, BPR Pantura Abadi dan
BPR Gitamakmur Utama

Selanjutnya dibentuklah Group Implementasi Hagalink dari ke-3 BPR di atas untuk mempersiapkan segala sesuatu yang dibutuhkan dalam proses migrasi aplikasi dari aplikasi lama ke dalam aplikasi Teradata. Tahapan dimulai dengan melakukan GAP Analysis untuk ke 3 BPR di atas pada tanggal 24 Juli 2022 sampai dengan 25 Juli 2022 dan dilanjutkan dengan diskusi lebih intens terhadap persiapan data serta fitur-fitur aplikasi yang dibutuhkan pada tanggal 05 Agustus 2022 sampai dengan 07 Agustus 2022. Sebelum proses pelatihan dan sosialisasi user dilaksanakan, masing-masing Bank diminta oleh tim implementasi Teradata untuk menyediakan data yang dibutuhkan dalam proses migrasi sesuai dengan format aplikasi Teradata, yang kemudian data tersebut akan digunakan untuk pelaksanaan pelatihan dan sosialisasi user pengguna aplikasi.

Gambar 1. Kegiatan GAP Analysis yang berlokasi di kantor PT. Teradata Megah

Setelah sebagian besar data yang dibutuhkan untuk pelatihan diberikan dan diverifikasi oleh pihak BPR maka pada tanggal 10 Oktober 2022 hingga 14 Oktober 2022, PT. Teradata Megah memberikan pelatihan aplikasi Teradata Banking System kepada tim implementasi dari ke 3 BPR tersebut, yang dilanjutkan dengan sosialisasi kepada seluruh karyawan calon pengguna aplikasi pada tanggal 26 Oktober 2022 dan berkahir pada tanggal 29 Oktober 2022 bertempat di Kantor Pusat BPR Gamon.

training
training 2
1672824478490
1672824478506

Gambar 2. Kegiatan Training dan Sosialisasi

Sosialisasi pada user bertujuan untuk mempermudah kegiatan UAT atau uji coba Aplikasi Perbankan Teradata terhadap transaksi yang selama ini dilakukan dalam kegiatan operasional perbankan. Kegiatan UAT dimulai sejak tanggal 14 November 2022 hingga 29 Desember 2022. Pada akhir tahun 2022 dilakukan migrasi data khusus untuk BPR Gamon terlebih dahulu. Hal ini diputuskan agar proses pergantian aplikasi fokus pada satu BPR terlebih dahulu, yang selanjutnya akan diikuti dengan proses migrasi pada BPR Gitamakmur Utama dan BPR Pantura Abadi pada bulan-bulan selanjutnya. Mengingat tahapan persiapan untuk ke-2 BPR tersebut juga sudah dilaksanakan pada tahun 2022 yang lalu bersamaan dengan persiapan untuk BPR Gamon.