Teradata Megah Corporation

News

Penerapan Solusi Teradata di BPR Tulungagung 

Visits: 47

PT. Teradata Megah yang telah berdiri selama lebih dari 3(tiga) dekade sebagai penyedia jasa aplikasi khususnya perbankan, telah memiliki klien dari berbagai institusi mulai dari Bank umum, Bank Perekonomian Rakyat (BPR), Bank Pemda, Koperasi dan perusahaan keuangan di berbagai wilayah Indonesia. Solusi Teradata yang telah diterapkan terdiri dari core banking system, reporting system, aplikasi mobile, host to host, beberapa aplikasi penunjang core banking dan aplikasi edukasi.

Solusi yang diterapkan pada BPR Tulungagung saat ini telah dilengkapi dengan konsep SAK-EP terbaru dan pelaporan APOLO 2025

Solusi perbankan teradata telah dipercaya oleh Bank Pemerintah Daerah di berbagai wilayah Indonesia, diantaranya Baturaja-Sumatra Selatan, Lampung, Serang, Subang, Sidoarjo dan Jombang. Berbekal pengalaman tersebut membuat BPR Perseroda Tulungagung tertarik untuk menggunakan solusi teradata, di tanggal 27 Februari 2024 merupakan pertama kalinya PT. Teradata Megah memperkenalkan dan mendemokan solusi perbankan secara daring. Setelah dilakukan beberapa kali pertemuan dan pembicaran terkait solusi perbankan, BPR Tulungagung memutuskan untuk menggunakan solusi teradata pada operasional perbankan. Ada hal penting pula yang menjadi landasan manajemen BPR Tulungagung dalam memutuskan untuk menggunakan solusi perbankan Teradata,
hal tersebut adalah karena solusi Teradata telah disiapkan untuk menerapkan aturan OJK terkait perubahan konsep akutansi terbaru SAK-EP yang harus diimplementasikan oleh seluruh BPR mulai 1 Januari 2025.  Perubahan kebijakan ini akan berpengaruh cukup signifikan terhadap jurnal-jurnal akuntasi yang terjadi khususnya pada aplikasi pinjaman. PT. Teradata Megah telah melakukan persiapan dan pengembangan aplikasi mulai dari semester ke 2 tahun 2023 yang lalu, dan di awal tahun 2024 prototype aplikasi yang telah dilengkapi dengan konsep SAK-EP terbaru telah diselesaikan. Saat ini pula aplikasi perbankan Teradata yang diimplementasikan di BPR Tulungagung telah pula dilengkapi dengan pelaporan APOLO terbaru yang harus pula dilaporkan pada awal Januari 2025.

Pada tanggal 23 April 2024 dilakukan pembicaraan awal untuk pelaksaan migrasi dan tahapan-tahapan yang akan dilakukan oleh BPR Tulungagung dan PT. Teradata Megah seperti pelaksanaan GAP Analysis, Training for trainer, Sosialisasi aplikasi pada karyawan bank, pelaksanaan kegiatan UAT sampai terlaksananya migrasi.

Berikut perjalanan BPR Tulungagung menggunakan solusi teradata banking system :

Gambar 1. Timeline Migrasi BPR Tulungagung