Tanggal 2 November 2020 merupakan hari yang bersejarah bagi PT Teradata Megah dan PT BPR Utomo Manunggal Sejahtera, karena pada tanggal tersebut secara operasional Teradata Banking System digunakan oleh seluruh kantor cabang Bank Utomo. Setelah beberapa kali melakukan evaluasi semenjak bulan November 2019 yang lalu, akhirnya Bank Utomo menunjuk Teradata sebagai penyedia layanan Core Banking System. Proses perubahan sistem dilakukan secara detail dan terstruktur guna mengantisipasi masalah yang mungkin timbul akibat perubahan yang terjadi. Tahapan proses dimulai dari pembahasan Gap Analysis yang dilanjutkan dengan diskusi perubahan dan penambahan yang perlu dilakukan pada aplikasi Teradata, dilanjukan dengan training for trainer di kantor Teradata Bandung pada tanggal 17 – 21 Februari 2020.
Tahapan berikutnya dilaksanakan pada minggu kedua bulan Maret 2020. Namun kendala ekternal muncul, yaitu pandemi virus Covid-19 yang tidak memungkinkan adanya interaksi secara langsung antara kedua belah pihak. Di samping itu, aturan pemerintah yang mengharuskan perusahaan untuk membatasi jumlah pegawai yang bekerja di kantor dan menganjurkan untuk melakukan WFH (Work From Home). Hal tersebut ternyata tidak menyurutkan semangat dari tim implementasi Bank Utomo, yang memang cukup dikenal memiliki etos kerja yang baik, tim tetap melaksanakan tugas dan kewajibannya dengan kondisi tersebut. Diskusi dilaksanakan secara remote dan pembahasan progress persiapan aplikasi maupun data yang dikonversi dari sistem sebelumnya dilakukan secara berkala.
“Dengan dukungan yang penuh dari direksi dan segenap manajemen bank, persiapan demi persiapan satu persatu dapat dilalui. Proses UAT dapat mencapai kondisi final pada akhir bulan Oktober 2020.”
Strategi implementasi terus dimatangkan, demikian pula persiapan infrastruktur terkait kesiapan server, storage, dan jaringan komunikasi yang handal untuk operasional dan DRC benar-benar disiapkan secara detail. Proses UAT mencapai kondisi final mendekati akhir bulan Oktober. Tim implementasi Teradata yang dipimpin oleh Bapak Yogi Kustia dan disupervisi oleh kepala Departemen Business Operasional Support, Ibu Nurul Aini, berangkat ke Bank Utomo pada tanggal 26 Oktober 2020 untuk mempersiapkan dan mendampingi proses implementasi agar dapat berjalan dengan baik. Segala persiapan yang baik dari kedua belah pihak dan kerja keras akhirnya terbayar dengan diimplementasikannya aplikasi secara mandiri (tidak berjalan secara paralel dengan sistem lama) tepat pada awal bulan November 2020. Selamat bergabung Bank Utomo kedalam keluarga besar Teradata Megah, kami siap untuk mengembangkan inovasi-inovasi perbankan digital yang akan membuat Bank Utomo menjadi lebih besar dan lebih baik lagi.