Teradata Megah Corporation

News

Implementasi BPR Daya Perdana Nusantara (Perdana)

Visits: 191
Seiring berjalannya pertumbuhan teknologi yang semakin pesat, semakin meningkat pula kebutuhan kecepatan dalam perbankan untuk meningkatkan pelayanan terbaik bagi nasabah. Dalam hal ini BPR Daya Perdana Nusantara (Perdana) ikut berbenah pada core banking sistem serta peningkatan aplikasi yang lebih berbasis digitalisasi.
Berbekal pengalaman selama 30 tahun dalam memberikan total solution untuk finansial institution dan telah digunakan oleh Bank Umum, Bank Daerah, Koperasi dan Institusi di berbagai wilayah Indonesia, PT. Teradata Megah menawarkan solusi untuk diimplementasikan oleh BPR Perdana. Selanjutnya dilakukanlah penandatanganan kontrak kerjasama antara BPR Perdana dengan PT. Teradata Megah yang bertempat di Banking Hall kantor pusat BPR Perdana. Penandatanganan dilakukan oleh Bapak Ricardo Simatupang selaku direktur utama BPR Perdana dengan Bapak Sandford Jonathan selaku direktur utama PT. Teradata Megah.
Implementasi BPR Daya Perdana Nusantara
Implementasi BPR Daya Perdana Nusantara
Gambar 2 & 3 Tim Migrasi BPR Perdana melakukan Gap Analysis
Pada bulan November BPR Perdana melakukan kunjungan pertama kalinya ke kantor PT. Teradata Megah untuk melihat aplikasi yang telah dikembangkan oleh Teradata Megah, pada kesempatan ini digunakan juga oleh Bapak Ricardo Simatupang selaku direktur utama BPR Perdana untuk melihat data center. Tidak lama berselang dari kunjungan pertamanya, di tanggal 15 Desember 2022 BPR Perdana melaksanakan gap analysis yang dipimpin langsung oleh Bapak Ricardo Simatupang. Kegiatan gap analysis bertujuan untuk melakukan penyesuaian fitur-fitur yang telah digunakan oleh BPR Perdana serta penambahan fitur yang akan diimplementasikan bersamaan dengan implementasi core banking sistem.
Setelah pelaksaan gap analysis, tim implementasi teradata melakukan penyesuaian dan pengembangan fitur yang akan digunakan, begitu pula dengan tim migrasi Bank Perdana mulai melakukan persiapan data-data yang akan dimigrasikan. Di tanggal 20 Februari 2023 BPR Perdana melaksanakan kegiatan training for trainer, kegiatan training ini ditujukan agar tim BPR Perdana lebih mengenal aplikasi core banking system (CBS) teradata. Dari hasil training, aplikasi CBS yang akan digunakan mengalami beberapa penyesuaian kembali, sehingga pelaksaan sosialisasi pada user bank dilaksanakan di tanggal 10 April 2023 – 13 April 2023.

User bank sudah mulai mengenal core banking sistem teradata, selanjutnya user bank melakukan UAT atau uji coba aplikasi perbankan teradata terhadap transaksi yang selama ini dilakukan dalam kegiatan operasional perbankan. Kegiatan UAT dilakukan secara terencana dan dipersiapkan dengan matang, agar aplikasi yang telah disesuaikan dan dikembangkan oleh teradata memenuhi semua kriteria yang dibutuhkan oleh BPR Perdana.

Banking Mobile Services (BMS) merupakan aplikasi perbankan yang digunakan oleh karyawan bank tanpa harus berada di kantor bank

Di tanggal 30 September 2023 mulai dilaksanakan migrasi atau perpindahan dari sistem lama ke sistem teradata, yang dimulai dengan upload data yang dilakukan oleh tim teradata dibantu dengan tim bank selanjutnya dilakukan pengecekkan data yang terupload oleh tim bank. Bertepatan dengan awal bulan Oktober 2023 core banking sistem teradata secara resmi live digunakan di seluruh kantor operasional BPR Perdana. Bersamaan dengan CBS, fitur baru Banking Mobile Services(BMS) secara resmi live, fitur BMS merupakan aplikasi perbankan dalam bentuk mobile. User bank dapat melaksanakan transaksi operasional perbankan seperti setoran tunai dan pembayaran angsuran kredit tanpa harus dilaksanakan di kantor bank, sehingga user bank dapat dengan mudah menjangkau nasabah.