Teradata Megah Corporation

News

Implementasi Solusi Teradata Banking System pada Bank Kertiawan

Visits: 41

Latar Belakang dan Perkembangan Teknologi di Indonesia

Dalam beberapa tahun terakhir, Indonesia telah mengalami perkembangan pesat dalam sektor teknologi, terutama dalam bidang e-commerce, fintech, dan ekonomi digital. Kemajuan ini didorong oleh inovasi yang mengubah cara berbisnis, serta didukung oleh kebijakan pemerintah yang lebih aktif dalam mendorong regulasi yang sesuai untuk industri perbankan. Salah satu kebijakan yang penting adalah pengawasan terhadap bank dalam rangka mencegah pencucian uang dan pendanaan terorisme, serta perubahan dalam regulasi akuntansi dan pelaporan keuangan, seperti penerapan standar akuntansi terbaru untuk Bank Perkreditan Rakyat (BPR) yang mengadopsi SAK-EP.

Peran PT. Teradata Megah dalam Solusi Teknologi Perbankan

Teradata Megah, sebagai perusahaan penyedia solusi teknologi yang telah beroperasi selama lebih dari tiga dekade, memegang peranan penting dalam mendukung transformasi digital dalam sektor keuangan di Indonesia. Dengan fokus pada pengembangan solusi teknologi informasi yang terkini dan selalu mengikuti perkembangan regulasi, PT. Teradata Megah berkomitmen untuk memberikan solusi yang dapat diandalkan dan berkelanjutan bagi industri perbankan.

Salah satu solusi yang disiapkan oleh PT. Teradata Megah adalah aplikasi yang mendukung penerapan SAK-EP terbaru. Sebagai bagian dari dukungan terhadap perubahan regulasi di sektor perbankan, Teradata Megah telah mengembangkan aplikasi yang akan membantu BPR dalam mengimplementasikan perubahan tersebut.

Bank Kertiawan dan Keputusan untuk Mengadopsi Solusi Teradata

Bank Kertiawan, menyadari pentingnya memperbarui sistem perbankannya untuk mengikuti regulasi yang baru, memutuskan untuk mengadopsi solusi dari PT. Teradata Megah. Pada tanggal 12 Juni 2024, Bank Kertiawan mengundang PT. Teradata Megah untuk melakukan demo aplikasi Teradata Banking System. Ibu Nurul Aini, Head of Department Business Operational Support di PT. Teradata Megah, memaparkan solusi teknologi terbaru yang dikembangkan untuk membantu bank beradaptasi dengan regulasi baru serta memperbaiki sistem operasional mereka.

Tidak lama setelah demo, direksi Bank Kertiawan memutuskan untuk mengganti aplikasi perbankan yang lama dengan solusi dari Teradata, yang dianggap lebih sesuai dengan kebutuhan mereka.

Gambar 1. Penandatanganan Kerjasama Bank Kertiawan dengan PT. Teradata Megah 

(dari kiri ke kanan Direktur Utama Bank Kertiawan Ibu Emic Dwi Setyawati G.S dan Direktur Utama PT. Teradata Megah Bapak Sandford Jonathan)

Penerapan Solusi Teradata di Bank Kertiawan

Penerapan solusi Teradata di Bank Kertiawan tidak hanya mencakup Core Banking System, yang merupakan sistem inti dalam operasi perbankan, tetapi juga mencakup layanan-layanan tambahan yang sangat penting dalam meningkatkan pengalaman nasabah dan efisiensi operasional bank. Salah satu fitur yang diperkenalkan adalah Banking Mobile Services (BMS), yang memungkinkan nasabah untuk mendapatkan layanan perbankan melalui petugas bank yang secara langsung mendatangani nasabah, sehingga nasabah tidak perlu datang ke kantor bank. Solusi lainnya yaitu memanfaatkan API middleware untuk mendukung mobile banking dan integrasi notifikasi melalui aplikasi WhatsApp (WA), mempermudah nasabah dalam melakukan transaksi dan mendapatkan informasi terkait akun mereka secara real-time.
Aplikasi core banking system ini diimplementasikan secara lengkap dan mulai beroperasi pada tanggal 16 Desember 2024, membawa Bank Kertiawan ke era digital dengan lebih banyak layanan berbasis teknologi yang lebih efisien dan aman.
Perjalanan BPR Kertiawan menggunakan solusi teradata system

Gambar 2. Perjalanan migrasi Bank Kertiawan

Dengan mengadopsi solusi Teradata Banking System, Bank Kertiawan dapat mengikuti perkembangan teknologi yang cepat dan menyesuaikan diri dengan regulasi baru yang berlaku di sektor perbankan Indonesia. Teradata tidak hanya menawarkan sistem yang kuat dan handal, tetapi juga memberikan layanan tambahan yang membantu Bank Kertiawan untuk memberikan kemudahan kepada nasabahnya dalam melakukan transaksi, sekaligus meningkatkan efisiensi operasional dan kepatuhan terhadap regulasi yang berlaku.

Gambar 3. Pelaksanaan Kegiatan Training for Trainer

Gambar 4. Meeting sebelum pelaksanaan Migrasi