Teradata Megah Corporation

News

Implementasi Teradata Banking Solution Menjadi Pilihan Bank Prisma Dana Sulawesi Utara

Visits: 350

Pimpinan PT Teradata dan BPR Prisma Dana berfoto bersama setelah penandatanganan MOU. Dari kiri ke kanan: Ibu Nurul Aini (Kepala Divisi Support Teradata), Bapak Sosrowinarsidiono (Direktur Teradata), Bapak Sandford Jonathan (Direktur Utama Teradata), Bapak Johanis Salibana (Direktur Utama BPR Prisma Dana), Bapak Hendry Lumintang (Komisaris Utama BPR Prisma Dana), Bapak Audy Lumintang (Komisaris BPR Prisma Dana), Bapak Silvanus Senduk (Direktur Pemasaran BPR Prisma Dana), dan Bapak Abid Takalamingan (Komisaris BPR Prisma Dana)

Implementasi Solusi di Bank Prisma Dana

Solusi aplikasi perbankan Teradata mulai merambah ke kawasan utara dari Pulau Sulawesi. Setelah sebelumnya solusi Teradata juga digunakan di BPR Hasamitra Makasar dan Koperasi Marendeng Toraja di Sulawesi Selatan, selanjutnya penerapan solusi Aplikasi Perbankan Teradata menuju Menado di Sulawesi Utara. Secara resmi, pada tanggal 9 Mei 2022 aplikasi perbankan Teradata digunakan di seluruh cabang PT BPR Prisma Dana. Awal mula pertemuan tim evaluasi aplikasi dari Bank Prisma Dana dengan PT Teradata Megah terjadi pada tanggal 13 Januari 2022 sampai dengan 14 Januari 2022. Kala itu, manajemen Bank Prisma Dana mengutus tim yang terdiri dari para petugas senior di Bank Prisma Dana untuk melihat secara langsung solusi yang ditawarkan oleh PT Teradata Megah. Selama dua hari, tim dari Bank Prisma Dana mengevaluasi aplikasi perbankan yang ditawarkan oleh Teradata secara detail dan menyeluruh. Berbekal pengetahuan yang mendalam dari para staf Bank Prisma Dana, evaluasi aplikasi dilakukan secara detail dan menyeluruh sehingga evaluasi benar-benar berjalan efektif dan diskusi berjalan dengan sangat menarik. Setelah pertemuan tersebut, Bank Prisma Dana tidak memerlukan waktu lama dalam memutuskan untuk menggunakan solusi perbankan Teradata.

Implementasi Solusi di Bank Prisma Dana

Proses penandatanganan MOU oleh Bapak Johanis Salibana (Direktur Utama BPR Prisma Dana) dengan Bapak Sandford Jonathan (Direktur Utama Teradata)

News 3 Img 3

Bapak Johanis Salibana sedang menandatangani MOU

News 3 Img 4

Bapak Sandford Jonathan sedang menandatangani MOU

Pelaksanaan Implementasi BPR Prisma Dana dalam waktu yang singkat dapat mempersiapkan data migrasi dengan cukup cepat dan baik.

Kedua belah pihak segera membentuk tim implementasi baik dari Bank Prisma Dana maupun dari PT Teradata Megah dan membuat jadwal persiapan implementasi. Salah satu tahapan penting dalam persiapan implementasi aplikasi perbankan adalah gap analysis. Guna mempercepat pelaksanaan gap analysis, PT Teradata Megah dan Bank Prisma Dana sepakat untuk melakukan pembahasan gap analysis secara daring (online) mulai dari tanggal 23 Februari 2022 sampai dengan 25 Februari 2022. Pembahasan dilakukan secara intens selama kurang lebih tiga hari. Menimbang akan keinginan manajemen PT BPR Prisma Dana untuk dapat segera mengimplementasikan solusi aplikasi perbankan Teradata, maka segera setelah gap analysis dilakukan tiga minggu kemudian langsung dilakukan pelatihan penggunaan aplikasi. Bank Prisma Dana mengirimkan tim untuk disiapkan dalam penggunaan aplikasi. Proses pelatihan dilakukan secara tatap muka dan kontinu selama satu minggu.

Training Karyawan Bank Prisma Dana
Training Karyawan Bank Prisma Dana

Training Karyawan BPR Prisma Dana di Bandung

Salah satu hal yang cukup sulit ketika melakukan migrasi dari satu aplikasi ke aplikasi baru adalah penyesuaian atau persiapan data dari aplikasi lama ke dalam format atau kebutuhan di aplikasi baru. Hal yang cukup menarik dalam persiapan data yang dibutuhkan oleh aplikasi Teradata, data yang dibutuhkan dapat disiapkan dengan cukup cepat dan baik oleh Tim IT Bank Prisma Dana. Sehingga, secara paralel, dalam persiapan penyesuaian aplikasi dari hasil gap analysis juga langsung dilakukan UAT oleh Tim Implementasi Bank Prisma Dana. Semua proses persiapan dan tahapan implementasi dimonitor secara langsung oleh tim manajemen Bank Prisma Dana, bahkan jajaran Direksi dan Komisaris sepakat untuk datang berkunjung ke kantor PT Teradata Megah untuk melakukan penandatanganan kerja sama sekaligus mengunjungi dan melihat Data Center tempat solusi Teradata yang akan digunakan oleh Bank Prisma Dana. Secara keseluruhan BPR Prisma Dana merupakan salah satu klien Teradata yang sangat cepat melakukan tahapan implementasi mulai dari persiapan hingga aplikasi benar-benar dijalankan di semua cabang. Hal ini dapat terlaksana karena kerjasama baik yang ditunjukan oleh jajaran manajemen hingga seluruh staf Bank Prisma Dana.

Implementasi Solusi Bank Prisma Dana

Salah satu kegiatan Implementasi di BPR Prisma Dana