Teradata Megah Corporation

News

Penerapan Aplikasi Customer Onboarding di BPR Hasamitra Makasar

Visits: 386

Nasabah dapat melakukan setor dan tarik tunai

Nasabah memasukkan nomor rekening sendiri

Nasabah memasukkan nominal transaksi

Nasabah melakukan verifikasi transaksi dengan menggunakan finger print

Fitur yang telah digunakan oleh BPR Hasamitra Makasar:

  • Cardless ATM
  • Fitur Payment pada Mobile Banking
  • H2H melalui API dengan Bank BCA, Mandiri, Danamon, dan Sahabat Sampoerna
  • Pelaporan APOLO
  • SLIK
  • APU-PPT
  • OBOX
  • TKS

Komitmen PT Teradata Megah untuk selalu mendukung pengembangan pelayanan digital di BPR Hasamitra Makasar terus berlanjut. Semenjak tahun 2020, saat BPR Hasamitra mulai menggunakan Solusi Aplikasi Perbankan Teradata, semenjak itu pula banyak fitur-fitur pengembangan yang telah diimplementasikan. Di antaranya adalah Cardless ATM, Penambahan fitur-fitur payment pada Mobile Banking, kerja sama H2H melalui API dengan Bank BCA, Mandiri, Sahabat Sampoerna, Bank Danamon, serta pelaporan-pelaporan dari pihak regulator seperti APOLO, SLIK, APU-PPT, OBOX, serta TKS. Tepat pada minggu ketiga bulan Mei tahun 2022, solusi pelayanan digital yang memudahkan nasabah dalam bertransaksi di BPR Hasamitra kembali diluncurkan. Solusi tersebut dinamakan Digital Customer Onboarding.

Modul ini memberikan kemudahan kepada nasabah untuk menggunakan layar sentuh yang tersedia di Banking Hall BPR Hasamitra untuk memulai melakukan transaksi setoran tunai ataupun tarikan tunai. Nasabah tidak perlu lagi mengisi form untuk kedua transaksi tersebut, cukup melakukannya pada layar sentuh yang sudah disediakan oleh BPR Hasamitra. Setelah input data transaksi sesuai, aplikasi akan mencetak bukti input transaksi yang kemudian diserahkan nasabah kepada petugas bank (teller). Teller cukup memasukan nomor bukti yang tertera dan diikuti dengan verifikasi oleh nasabah menggunakan verifikasi biometric (finger print) dan transaksi sudah secara langsung terbukukan di pencatatan Bank.

Fitur ini akan memotong waktu yang diperlukan untuk melakukan transaksi tersebut menggunakan cara lama serta meminimalisir kesalahan yang mungkin dilakukan oleh petugas bank pada saat melakukan input data dari form pengajuan setoran atau tarikan pada konsep sebelumnya. Input nomor rekening, nominal, dan keterangan transaksi di-input secara mandiri oleh nasabah dan verifikasi dilakukan menggunakan mesin pencocokan data biometric. Dengan adanya fitur customer onboarding ini, nasabah tidak perlu lagi mengantri di depan teller dalam waktu yang lama dan bank dapat meningkatkan pelayanan yang lebih kepada nasabah. PT Teradata Megah siap membantu dalam pengembangan fitur-fitur yang akan digunakan oleh BPR Hasamitra Makasar dalam meningkatkan layanan perbankan yang berbasis digital kepada nasabahnya, ke depannya akan semakin banyak fitur yang akan diimplementasikan seperti QRIS dan kerja sama ATM Hasamitra dalam Switching ATM Bersama.