Teradata Megah Corporation

News

Penerapan Solusi Teradata pada BPR Dian Artha Nusa (BPR DAN)

Visits: 112

Teradata Megah yang telah berdiri selama lebih dari 30 tahun sebagai penyedia jasa aplikasi khususnya perbankan, telah memiliki klien dari berbagai institusi mulai dari Bank umum, Bank Perekonomian Rakyat (BPR), Bank Pemda, Koperasi dan institusi pendidikan di berbagai wilayah Indonesia. Aplikasi yang telah dikembangkan oleh PT. Teradata Megah terdiri dari core banking system, reporting system, aplikasi mobile, host to host, beberapa aplikasi penunjang core banking dan aplikasi edukasi

Berbekal pengalaman selama lebih dari 30 tahun serta kepercayaan yang telah diberikan oleh beberapa klien teradata khususnya di daerah Sulawesi, membuat BPR Dian Artha Nusa (BPR DAN) tertarik untuk menggunakan solusi Teradata. Pada tanggal 07 Agustus 2023 BPR DAN berkunjung ke kantor PT. Teradata Megah yang diwakilkan oleh Bapak Okto Tangketasik sebagai Direktur Utama, Ibu Anike Ririhatuela sebagai Direktur Operasional dan Ibu Retnowati sebagai Komisaris, dalam kunjungan ini BPR DAN melihat dan mencoba aplikasi yang telah dikembangkan oleh Teradata seperti core banking dan mobile banking.

Solusi Teradata dipercaya kembali oleh salah satu BPR di Sulawesi

Pelaksanaan kunjungan dimulai dari tanggal 07 Agustus hingga 15 Agustus 2023 bersamaan dengan pelaksanaan kegiatan GAP Analysis untuk melakukan penyesuaian fitur-fitur yang digunakan oleh BPR DAN. Selanjutnya Teradata akan melakukan penyesuaian aplikasi sesuai dengan hasil GAP Analysis, tanggal 13 November 2023 dimulainya pelaksanaan rangkaian kegiatan migrasi. Seluruh kegiatan migrasi untuk BPR DAN dilakukan secara daring, baik pertemuan-pertemuan guna pembahasan migrasi, kegiatan training dan sosialisasi aplikasi core banking sistem Teradata. Tujuan dari kegiatan training dan sosialisasi yaitu agar user lebih mengenal dan terbiasa penggunaan aplikasi core banking, setelah user telah terbiasa menggunakan aplikasi core banking, selanjutnya user dapat melakukan UAT (User Acceptance Test) yaitu user input transaksi-transaksi yang telah terjadi pada core banking sistem teradata. Kegiatan UAT ini bertujuan agar sistem CBS Teradata telah sesuai dengan kebutuhan user.

Pertama kalinya kegiatan migrasi yang dilakukan oleh team Teradata dilakukan sepenuhnya melalui daring. Kegiatan migrasi yang dimaksud disini adalah persiapan data dari sistem lama ke dalam tabel-tabel yang terdapat dalam basis data Teradata Banking System. Pada tanggal 24 November 2023 data dari sistem lama disiapkan oleh Tim dari BPR DAN, selanjutnya data tersebut dikirimkan dalam bentuk file secara online dan diupload oleh Tim Implementasi Teradata untuk siap dioperasikan pada tanggal 27 November 2023. Setelah data berhasil di upload, kemudian Aplikasi Teradata mengeluarkan laporan-laporan yang diberikan kepada bagian audit dari BPR DAN untuk melakukan verifikasi terakhir.

Melalui kerjasama yang baik dari manajemen dan tim implementasi BPR DAN semua proses persiapan data untuk implementasi dapat dilakukan dengan baik, sehingga tepat pada tanggal 27 November 2023 BPR DAN sudah beroperasi menggunakan aplikasi yang baru yaitu Aplikasi Perbankan Teradata. Selanjutnya BPR DAN telah siap untuk memberikan solusi berbasis digital kepada para nasabahnya.