Teradata Megah Corporation

News

Penerapan Solusi Teradata di BPR Gunung Rizki

Visits: 111
Bank Pekreditan Rakyat (BPR) di Indonesia sangat berperan penting dalam kegiatan perekonomian di masyarakat Indonesia karena BPR didesain sebagai penyedia layanan keuangan yang bertujuan untuk memudahkan masyarakat pedesaan, pengusaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) dalam pengelolaan keuangannya. Seiring pertumbuhan perekonomian di Indonesia yang semakin meningkat setiap tahunnya, sehingga regulasi BPR pun mengalami beberapa perubahan. Saat ini layanan perbankan BPR sudah mulai sama dengan layanan perbankan umum yang menuju layanan berbasis digitalisasi sehingga memudahkan masyarakat dan Bank dalam berinteraksi.
Perubahan layanan berbasis digital inilah yang mendasari BPR Gunung Rizki untuk mengganti sistem dari  core banking yang sebelumnya. Di bulan Mei 2023 PT. Teradata Megah berkunjung ke kantor BPR Gunung Rizki dalam rangka memperkenalkan solusi Teradata, yang diwakilkan oleh Ibu Nurul Aini selaku Department Head of Business Operational Support PT Teradata Megah dan Bapak Sandford Jonathan selaku Direktur Utama PT. Teradata Megah. Melihat solusi aplikasi Teradata yang berbasis digital ini telah diimplementasikan di berbagai institusi BPR, Bank Umum dan Koperasi hampir diseluruh wilayah Indonesia, BPR Gunung Rizki memutuskan untuk menggunakan solusi dari Teradata Megah.

Gambar 1 Tim Implementasi BPR Gunung Rizki dan Teradata Megah

Selanjutnya dibentuklah tim implementasi untuk BPR Gunung Rizki dan mulai melaksanakan tahapan-tahapan kegiatan migrasi yang dimulai dari pelaksanaan gap analysis tanggal 12 Juni 2023 sampai dengan 16 Juni 2023 tim migrasi BPR Gunung Rizki datang langsung ke kantor PT. Teradata Megah. Kegiatan gap analysis bertujuan untuk melakukan penyesuaian fitur-fitur yang telah digunakan oleh BPR Gunung Rizki serta penambahan fitur yang akan diimplementasikan bersamaan dengan implementasi core banking sistem. Tahapan selanjutnya tim implementasi Teradata melakukan penyesuaian dan pengembangan fitur yang akan digunakan, begitu pula dengan tim migrasi BPR Gunung  Rizki mulai melakukan persiapan data-data yang akan dimigrasikan.
Gambar 2 Karyawan BPR Gunung Rizki sedang melakukan kegiatan Sosialisasi
Gambar 3 Karyawan BPR Gunung Rizki sedang melakukan kegiatan Sosialisasi

Pelaksanaan training for trainer dilakukan ditanggal 11 September 2023 pada kegiatan ini tim implementasi BPR Gunung Rizki belajar untuk menjalankan aplikasi core banking, diharapkan tim implementasi yang telah mengikuti kegiatan training dapat menjadi trainer saat pelaksanaan kegiatan sosialisasi user. Selanjutnya pelaksanaan sosisalisasi dilakukan tanggal 06 Oktober 2023 bertempat di salah satu kantor BPR Gunung Rizki.
Setelah user sudah mulai terbiasa dalam penggunaan aplikasi core banking teradata, maka tahapan selanjutnya pelaksanaan UAT yang dilaksanakan mulai dari tanggal 27 November 2023 sampai tanggal 14 Desember 2023 dilanjutkan tgl 15 Desember 2023 pelaksanaan migrasi core banking. Pelaksanaan migrasi dimulai dari upload data yang dilakukan oleh tim teradata dibantu dengan tim BPR, selanjutnya dilakukan pencocokan data yang telah diupload. Di tanggal 18 Desember 2023 secara resmi sistem core banking BPR Gunung Rizki telah sepenuhnya menggunakan core banking sistem Teradata.