Teradata Megah Corporation

News

PT. BPR Jombang memilih Solusi Teradata Banking System

Visits: 130
BPR Jombang merupakan Bank milik pemerintah daerah kabupaten jombang yang telah berdiri sejak tahun 1978 dan dikenal secara lekat oleh segenap masyarakat di seluruh kabupaten jombang, jawa timur. Sejak berdiri hingga sampai saat ini BPR Jombang terus meningkatkan dan memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat kabupaten Jombang, sejalan dengan visi dan misi BPR Jombang serta gelombang arus penggunaan teknologi digital dalam industri finansial di Indonesia dewasa ini semakin bertumbuh secara eksponensial, sehingga BPR Jombang berencana untuk meningkatkan system kinerja perbankan menjadi lebih baik.
Teradata Megah menawarkan solusi yang baik dalam upaya untuk menciptakan fitur-fitur teknologi informasi bidang finansial dengan memanfaatkan kemajuan teknologi dibidang komunikasi maupun telematika. Sebagai perusahaan IT yang telah dipercaya oleh lebih dari 30 (tiga puluh) institusi keuangan konvensional maupun syariah dan fokus dalam pengembangan solusi di bidang tersebut yang menjadikan salah satu alasan penting dari direksi BPR Jombang dalam memilih solusi yang ditawarkan oleh PT. Teradata Megah.

Pada tanggal 27 November 2023, Direktur Bisnis BPR Jombang yaitu Bapak Adam Joyo Pranoto berkunjung ke kantor PT. Teradata Megah yang disambut oleh Bapak Sandford Jonathan selaku Direktur Utama Teradata Megah. Dalam kunjungan tersebut PT. Teradata Megah menampilkan solusi banking system yang telah dikembangkan dan diimplementasikan di berbagai institusi keuangan selain menampilkan solusi, Bapak Adam dan tim BPR Jombang diajak untuk melihat data center yang dimiliki oleh PT. Teradata Megah.

Gambar 1 Perjalanan Migrasi BPR Jombang

Gambar 2 Kegiatan Training dan Sosialisasi Core Banking System Teradata

Tidak lama berselang dari waktu kunjungan oleh Bapak Adam Joyo Pranoto (Direktur Bisnis BPR Jombang) segera dibentuk tim Implementasi untuk BPR Jombang dan mulai melaksanakan tahapan-tahapan kegiatan migrasi. Tahapan pertama melaksanakan kegiatan GAP Analysis yang bertujuan untuk melakukan penyesuaian fitur-fitur yang telah digunakan oleh BPR Jombang serta penambahan fitur yang akan diimplementasikan bersamaan dengan implementasi core banking sistem. Tahapan selanjutnya ialah training dan sosialiasi core banking system yang telah disesuaikan oleh tim implementasi Teradata, waktu pelaksanaan dapat dilihat pada gambar 1

Hal yang cukup menarik dalam persiapan data yang dibutuhkan oleh aplikasi Teradata, data yang dibutuhkan dapat disiapkan dengan cukup cepat dan baik oleh Tim implementasi BPR Jombang. Sehingga, secara paralel, dalam persiapan penyesuaian aplikasi dari hasil gap analysis juga langsung dilakukan UAT oleh Tim Implementasi BPR Jombang. Dengan kerjasama tim implementasi BPR Jombang yang handal, kegiatan migrasi dapat berjalan sesuai timeline yang disepakati.

Tanggal 1 April 2024 BPR Jombang telah resmi menggunakan Core Banking System Teradata dan penerapan modul Application Program Interface (API) middleware.

List API middleware yang dikembangkan oleh Teradata untuk BPR Jombang :

  • Inquiry Individual
  • Inquiry Institusi
  • Inquiry Rekening
  • Inquiry Rekening Lengkap Individual
  • Inquiry Mutasi Rekening by record
  • Inquiry Mutasi Rekening by Range
  • Inquiry rekening tujuan transfer
  • Pemindahbukuan
  • Debet ke Rekening
  • Kredit ke Rekening
  • Deposito eBilyet Inquiry
  • Inquiry Rekening Lengkap Institusi
  • Transaksi Multi Account
  • Rating Nasabah Inquiry informasi data nasabah

Gambar 3 Pelaksanaan Migrasi BPR Jombang

Gambar 4 Persiapan Live Aplikasi Teradata