Teradata Megah Corporation

News

Teradata Banking Solution Diterapkan di BPR Tanaoba Lais Manekat (TLM)

Visits: 34

Pada tanggal 03 September sampai dengan tanggal 05 September 2023, kantor Teradata mendapat kunjungan dari BPR TLM yang beroperasi di kota Kupang, Nusa Tenggara Timur. BPR TLM yang diwakili oleh Direktur Utama Bapak Robert P. Fanggidae, Kepala bagian Kredit Makro Ibu Helda J. Pandie serta Kepala Bagian Audit Internal Ibu Yulan Rahupatty dan disambut hangat oleh Direktur Utama PT. Teradata Megah Bapak Sandford Jonathan, Direktur Bapak Sosrowinarsidiono serta Kepala Bagian Bussiness Operational Support Ibu Nurul Aini.

Gambar 1 Kunjungan BPR TLM ke kantor PT. Teradata Megah

Dari kiri ke kanan : Ibu Hilda J. Pandie (Kepala bag. Kredit Makro BPR TLM), Ibu Yulan Rahupatty (Kepala bag. Audit Internal BPR TLM), Bapak Sandford Jonathan (Direktur Utama PT. Teradata Megah), bapak Robert P. Fangidae (Direktur Utama BPR TLM), Bapak Sosrowinarsidiono (Direktur PT. Teradata Megah) dan Ibu Nurul Aini (Kepala bag Bussiness Operational Support PT. Teradata Megah)

Dalam kunjungan tersebut PT. Teradata Megah menampilkan solusi banking system yang telah dikembangkan dan diimplementasikan di berbagai institusi keuangan mulai dari core banking, aplikasi pelaporan, aplikasi mobile serta aplication programming Interface (API). Selain menampilkan solusi, Bapak Robert dan tim BPR TLM diajak untuk melihat data center yang dimiliki oleh PT. Teradata Megah.

Tidak lama berselang dari kunjungan, BPR TLM dan Teradata Megah mulai melakukan pembentukan tim implementasi dan mulai melaksanakan tahapan-tahapan kegiatan migrasi yang diawali dengan pelaksanaan GAP Analysis yang dilaksakan secara daring pada tanggal 25 September s.d 30 September 2023. GAP Analysis merupakan tahapan awal dalam proses migrasi dimana akan dilakukan penyesuaian fitur-fitur yang telah digunakan oleh BPR TLM serta penambahan fitur yang akan diimplementasikan bersamaan dengan implementasi core banking sistem (CBS) teradata. Dilanjutkan dengan tim implementasi Teradata melakukan penyesuaian dan pengembangan fitur yang akan digunakan, bersamaan dengan tim implementasi BPR TLM mulai melakukan persiapan data – data yang akan dimigrasikan.
Gambar 2. Pelaksanaan Training BPR TLM

Tahapan selanjutnya adalah pelaksanaan training for trainer, kegiatan training dilakukan setelah data-data yang akan dimigrasikan tersedia dan tim implementasi teradata telah melakukan penyesuaian fitur pada

core banking system (CBS). Pelaksanaan training dilakukan di kantor Teradata pada tanggal 15 Desember – 23 Desember 2023, pada kegiatan training ini tim implementasi BPR TLM belajar untuk menjalankan aplikasi core banking dan diharapkan tim implementasi yang telah mengikuti kegiatan training dapat menjadi trainer saat pelaksanaan kegiatan sosialisasi user. Ditanggal 08 Januari 2024 tim implementasi BPR TLM mulai melaksanakan kegiatan sosialisasi pada user bank yang bertujuan agar user bank terbiasa dalam melakukan transaksi dengan  menggunakan CBS teradata.
Setelah user bank terbiasa dalam penggunaan CBS teradata, maka tahapan selanjutnya dapat dilakukan kegiatan User Acceptance Testing (UAT) yaitu kegiatan ujicoba CBS teradata terhadap transaksi yang ada pada kegiatan operasional perbankan. Di tanggal 08 Mei 2024 mulai pelaksanaan proses migrasi core banking yang diawali dengan upload data-data perbankan oleh tim implementasi Teradata kemudian pencocokan data yang diupload oleh tim implementasi BPR TLM. Dengan data-data yang seluruhnya telah terupload pada CBS teradata maka di tanggal 13 Mei 2024 secara resmi BPR TLM menggunakan CBS teradata sepenuhnya untuk operasional perbankan.
Gambar 3. Kegiatan Migrasi BPR TLM